Bentuk monev. berupa pengamatan langsung, dengan mempelajari laporan harian, dan kombinasi keduanya, tertulis dan tidak tertulis. Pengamatan langsung sangat bermanfaat karena ketika itu pula dapat dilakukan pengendalian agar tak terjadi penyimpangan yang semakin melebar. Sementara kalau hanya dengan memelajari laporan harian kurang efektif karena tidak melihat langsung apa yang terjadi. Selain langsung mengetahui apa yang terjadi juga diperkuat dengan catatan lengkap. Untuk itu maka aspek-aspek yang dipantau antara lain meliputi jam masuk kerja, proses pekerjaan, kerusakan hasil pekerjaan, lamanya proses pekerjaan, hubungan sosial dalam bekerja, jam akhir kerja, dan LPJ RKAT (hardcopy).

Monev.kinerja 3 Pusat dilingkungan Direktorat Sumber Daya Semester Ganjil Tahun Akademik 2021-2022, merupakan kegiatan koordinasi pada DSD dalam mensupport pelaksanaan kegiatan yang tertuang pada RKAT DSD Unikama, dimana terwujudnya RKAT berdasar pada Rencana Operasional (Renop) Direktorat Sumber Daya Tahun Akademik 2021/2022, yang merupakan penjabaran dari Rencana Strategis (Renstra) Direktorat Sumber Daya Tahun 2021-2025 mengacu pada Renstra Unikama 2020-2024.

Monev. Kinerja 3 pusat pada DSD Semester Ganjil Tahun Akademik 2021-2022, diikuti oleh seluruh Pusat (3) Pusat (P3K, P3SDM, P2AB)/satuan kerja Direktorat Sumber Daya dan Staf, untuk melaksanakan misi dalam rangka mewujudkan visi Unikama Tahun 2020-2025, yang merupakan visi DSD melalui program kerja masing-masing pusat dan Staf pada DSD. Melalui Monev. kinerja 3 pusat pada DSD Semester Ganjil Tahun Akademik 2021-2022 penetapan indikator kinerja dan target kinerja diharapkan perencanaan program dan kegiatan di 3(tiga) Pusat/satuan kerja Direktorat Sumber Daya lebih terarah dan terkendali secara optimal untuk mencapai tujuan dan sasaran Direktorat Sumber Daya.

Berdasarkan visi dan misi Unikama yang secara otomatis menjadi visi dan misi Direktorat Sumber Daya khususnya bidang SDM, maka melalui Monev. Kinerja 3 pusat pada DSD Semester Ganjil Tahun Akademik 2021-2022, tujuan yang hendak dicapai oleh DSD tahun 2021-2025 adalah “Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas”. Pencapaian tujuan ini diukur melalui 4 (empat) indikator, yaitu secara bertahap pada tahun akademik 2021/2022 adalah: (1) Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, (2) berintegritas tinggi, (3) Menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional, dan (4) kinerja yang terukur sesuai RKAT. Tim dsd

Monev. Kinerja pegawai dilingkup Direktorat Sumber Daya Unikama