Dengan ucapan syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa, pada hari Selasa tanggal 14 Juni 2022, Pusat Perencanaan & Pengembangan SDM (P3SDM) Direktorat Sumber Daya Unikama telah menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Satuan Petugas Kebersihan (SPK) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.
Tenaga penunjang dalam sebuah perguruan tinggi juga memegang peranan yang sangat penting dalam memenuhi fungsi pelayanan perguruan tinggi. Tenaga penunjang bertugas melaksanakan pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Pelayanan teknis khususnya yang berkaitan dengan kebersihan juga menjadi tolok ukur keberhasilan Unikama menuju unggul.

Masalah kebersihan adalah masalah yang sangat vital bagi perkembangan perguruan tinggi terlebih di Unikama, agar kebersihan dan kenyamanan: ruang kelas, sarana dan prasarana, halaman kampus, dan kebersihan lain terjamin, maka dilakukan kegiatan terkait pelatihan peningkatan kompetensi tenaga kebersihan/Satuan Petugas Kebersihan (SPK) Unikama, disamping bertujuan untuk peningkatan produktivitas agar lebih optimal, memiliki mindset/pola pikir dan tata nilai yang benar dalam menjalankan pekerjaannya.

Pelatihan dilakukan sehari dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB, diikuti oleh seluruh pegawai tenaga penunjang Unikama sebanyak 22 peserta, dengan mendatangkan tenaga yang ekpert dibidangnya yaitu tim OCM dari CV.Afindo Sukses Mandiri. Pelatihan yang diberikan terkait teori dan praktek dalam menjalankan tugas dan menggunakan peralatan yang benar sesuai SOP penggunaan peralatan, serta maintenancenya.

Ucapan terima kasih kepada tim OCM yang telah memberikan pelatihan dengan baik, serta memberikan buku pedoman kerja/SOP dan sertifikat kepada peserta, didukung partisipasi yang besar dari para peserta. Terima kasih juga kepada tim BAU yang telah mendampingi kegiatan pelatihan, dan tidak terlepas pula dari tim Direktorat Sumber Daya yang telah bekerjasama baik, sehingga kegiatan program kerja P3SDM terkait pelatihan tenaga penunjang dapat terlaksana dengan lancar dan sukses. TIM DSD

PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI SATUAN PETUGAS KEBERSIHAN (SPK) UNIKAMA