Sehubungan dengan upaya untuk peningkatan layanan, penerapan prinsip taat administrasi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas dalam hal penyaluran TPD dan TKGB PNS dan Non-PNS, serta mendukung penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Kemendikbudristek, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Biro Perencanaan berkomitmen memberikan pelayanan prima dalam penyaluran TPD dan TKGB PNS dan Non PNS di lingkungan LLDIKTI melalui Aplikasi Seruni Advance. Seruni Advance dikembangkan sebagai sarana perhitungan dan pengajuan pembayaran TPD dan TKGB PNS dan Non-PNS.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan aplikasi Seruni Advance di lingkungan LLDIKTI, yaitu sebagai berikut:

a. Syarat dan kriteria penerima TPD dan TKGB PNS dan Non-PNS Perguruan Tinggi Swasta (PTS):

1) Tunjangan profesi diberikan kepada dosen apabila dosen telah memenuhi persyaratan sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 20 tahun 2017 tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor.

2) Seluruh informasi kelayakan dosen untuk mendapatkan tunjangan profesi menggunakan basis data yang berasal dari Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi Nasional atau SISTERNAS.

b. Perubahan data dosen:

1) Data dosen yang layak mendapatkan Tunjangan Profesi mengacu kepada aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi Perguruan Tinggi (SISTER-PT) yang selanjutnya disinkronisasi dengan SISTERNAS.

2) Perubahan status terhadap data dosen baik mencakup data umum, data sertifikasi dosen, dan beban kerja dosen hanya dapat diperbarui dalam aplikasi SISTER-PT.

3) PTS dan/atau dosen wajib mengisi data rekening dosen dalam aplikasi Seruni Advance.

c. Prosedur penyaluran:

1) Terhitung mulai periode Januari 2023, pembayaran TPD dan TKGB pada DIPA satker LLDIKTI dilakukan melalui aplikasi Seruni Advance dan dibayarkan setiap bulan. Pembayaran TPD dan TKGB dilakukan sesuai ketentuan berikut:

2) Pembayaran bulan Januari – Februari 2023 dilakukan berdasarkan BKD semester genap tahun ajaran 2022.

3) Pembayaran bulan Maret – Agustus 2023 dilakukan berdasarkan BKD semester ganjil tahun ajaran 2022.

4) Pembayaran bulan September – Desember 2023 dilakukan berdasarkan BKD semester genap tahun ajaran 2023.

5) PTS mengajukan usulan pembayaran TPD dan TKGB melalui aplikasi Seruni Advance (petunjuk penggunaan terlampir) yang meliputi:

6) Surat Pengantar yang ditandatangani oleh Pimpinan PTS.

7) Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM) yang ditandatangani oleh Pimpinan PTS dan ber-meterai 10.000, beserta dengan lampiran.

8) Pengajuan usulan pembayaran TPD dan TKGB oleh PTS dilakukan selambat-lambatnya pada tanggal 12 setiap bulannya. Pengajuan yang dilakukan melewati tanggal tersebut maka pembayarannya dilakukan pada bulan berikutnya.

9) Berdasarkan data usulan PTS dan hasil verifikasi, LLDIKTI menyiapkan dokumen pencairan dalam aplikasi Seruni Advance (SK dan SPTJM KPA) yang selanjutnya akan digunakan sebagai lampiran dokumen pencairan anggaran ke KPPN.

10) LLDIKTI menggunakan daftar dosen dan perhitungan kebutuhan anggaran dalam aplikasi Seruni Advance sebagai basis pencairan anggaran melalui aplikasi SAKTI.

11) PTS dan dosen dapat memantau perkembangan pencairan anggaran TPD dan TKGB PNS dan Non PNS melalui aplikasi Seruni Advance.

d. Tim Pengelola:

1) LLDIKTI membentuk Tim Pengelola TPD dan TKGB PNS dan Non PNS.

2) Tim pengelola bertugas untuk:

a. Memastikan kelengkapan dan kesesuaian data dukung pencairan anggaran TPD dan TKGB PNS dan Non PNS.

b. Meningkatkan kapasitas PTS dan dosen dalam menggunakan aplikasi SISTERNAS dan aplikasi Seruni Advance.

c. Menindaklanjuti dan membantu permasalahan PTS dan dosen dalam menggunakan aplikasi SISTERNAS dan aplikasi Seruni Advance.

d. Berkoordinasi dengan Biro Perencanaan terkait kebutuhan anggaran TPD dan TKGB PNS dan Non PNS.

e. Berkoordinasi dengan Direktorat Sumberdaya Ditjen Ristekdikti terkait data dosen, BKD, dan aplikasi SISTERNAS.

Dapat disampaikan pula bahwa ketentuan teknis dan petunjuk operasional akan diatur tersendiri dalam buku panduan penggunaan aplikasi Seruni Advance di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang penyusunannya mengikuti perkembangan aplikasi Seruni advance.

B. Tujuan dari sosialisasi

Sosialisasi untuk memberikan informasi terkait launching aplikasi terbaru dari biro perencanaan dikti. Adapun kegunaan aplikasi seruni advance adalah Aplikasi SERUNI Advance adalah sistem pengusulan informasi & tunjangan sertifikasi dosen untuk digunakan di seluruh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di seluruh Indonesia, sedangkan perbedaan dengan aplikasi sebelumnya adalah aplikasi seruni advance yang dikembangkan secara nasional hasil pengembangan dari aplikasi SERUNI LLDIKTI6

Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam penggunaan aplikasi:

Aplikasi seruni advance integrasi langsung dengan SISTER, dengan ini diharapkan semua dosen dan pengguna bisa mendapat kemudahan dalam pengusulan pencairan tunjangan serdos secara realtime.

C. Hasil yang dicapai

1. Terlaksananya sosialisasi dengan baik oleh Direktorat Sumber Daya Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, diharapkan semua dosen dan pengguna bisa mendapat kemudahan dalam pengusulan pencairan tunjangan serdos secara realtime.

2. Adanya persamaan persepsi para dosen NIDN dengan adanya Aplikasi seruni advance integrasi langsung dengan SISTER

3. Data profil dosen pada SISTER terupdate, baik data pribadi, Inpassing, Jabatan Fungsional, dan kepangkatan. Dengan demikian tiap Semester DSD melalui (P3K dan P3SDM) yang merupakan unit kerja pada lingkup Direktorat Sumber Daya terukur kinerjanya.

D. Pelaksanaan

             Kegiatan non program kerja ini “Sosialisasi Aplikasi SERUNI Advance dan Verifikasi Data SISTER” dilaksanakan pada Semester Ganjil  Tahun Akademik 2022-2023, Tempat : Ruang Auditorium Multikultural.

E. Peserta Kegiatan

Adapun peserta dalam “Sosialisasi Aplikasi SERUNI Advance dan Verifikasi Data SISTER”, dihadiri oleh dosen NIDN Unikama sebanyak 119 dosen, adapun yang ijin tidak hadir sebanyak 19 dosen sesuai pada link Google formhttps://s.id/sosialisasiseruniunikama

Terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait, semoga hasil kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi para dosen dalam meningkatkan kinerja para dosen dan berimbas pada peningkataan kinerja Unikama.

Sosialisasi Aplikasi SERUNI Advance dan Verifikasi Data SISTER