SISTER (Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi) adalah salah satu program dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau yang biasa kita kenal dengan Kemenristekdikti yang diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya, hal ini sesuai dengan terbitnya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Kepdirjen Dikti) Nomor 12/E/KPT/2021 tanggal 18 Januari 2021 tentang Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen Tahun 2021 (PO BKD Tahun 2021), dan merujuk surat kami nomor 0277/E/KP/2021 tanggal 2 Februari 2021 tentang Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen Tahun 2021.


Terkait hal tersebut, para dosen berNIDN Unikama mulai mengimplementasikan SISTER pada semester ganjil 2021-2022 ini, serta menerapkan Penilaian LKD/BKD oleh asesor LKD/BKD melalui laman Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) Perguruan Tinggi masing-masing, dan tidak lama lagi Penilaian PAK tentunya juga dilakukan melalui SISTER.


Sisi lain ditunjang dengan pelaksanaan kebijakan MBKM, yang mereduksi beban administrasi dosen, menyederhanakan dokumen karier dosen dalam satu sistem terintegrasi, kinerja dosen berorientasi outcome minimal output, juga merupakan daya dukung capaian Indikator Kinerja Utama (IKU)PT. Hal inilah yang menjadi dasar diperlukannya Penguatan Peer Review dan Asesor LKD/BKD untuk membekali para dosen Unikama melalui kegiatan workshop yang dilakukan pada hari Selasa, tanggal 8 Februari 2022 dengan mendatangkan seorang narasumber yang pakar dibidangnya yaitu Prof. Dr. Ir. Achmadi Susilo, M.S.
Adapun hasil workshop didapatkan sebagai berikut:
• Tatacara menilai Artikel Ilmiah untuk penguatan Peer review bagi dosen Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
• Pentingnya peran Peer Review pada usulan jafa dosen
• Syarat dan tugas Peer Review
• Penilaian karya ilmiah oleh Peer review
• Kisi-kisi Penilaian bagi Peer Review
• Simulasi Penilaian bagi Peer Review pada Jurnal


Peserta workshop terdiri dari seluruh dosen tetap unikama, bersyukur karena anugerahNya sehingga berjalan lancar dan sukses. Tak lupa ucapan terima kasih kepada bapak Rektor yang telah memberikan fasilitas, juga terima kasih kepada panitia kecil dan tim DSD yang telah bekerjasama dalam persiapan dan pelaksanaan workshop.atas nama Direktorat Sumber Daya mohon maaf apabila masih ada kekurangan disana sini.
Tetap semangat dan salam sehat, Tim DSD.

DSD Unikama Mengadakan Penguatan Peer Review dan Asesor BKD/LKD